Company Visit Report; PT. Permodalan BMT Ventura

BAB I
LATAR BELAKANG
Latar belakang diadakannya Company Visit ini adalah untuk memberikan pengetahuan dan wawasan yang maksimal dalam menggeluti wacana keuangan syari’ah sehingga mahasiswa diharapkan mampu untuk mawas diri dengan perkembangan industri keuangan syari’ah yang ada sekarang ini.
Sejak terjadinya krisis global yang mengguncang perekonomian Indonesia, lembaga keuangan baik konvensional maupun syari’ah dilanda ketakukan mengenai keberlangsungan usahanya. Sehingga kemudian perusahaan-perusahaan ini mengambil langkah-langkah yang dianggap mampu untuk menopang kelangsungan usahanya dalam menhadapi krisis ini.
Dalam realitanya, sektor keuangan yang paling terasa dampak krisis keuangan global adalah sektor pasar atau sektor makro-nya. Sektor ini memiliki partisipasi yang besar, yang menjadi major project bagi sebagian besar lembaga keuangan yang ada baik lembaga keuangan konvensional maupun lembaga keuangan syari’ah. Sektor ini mengalami depresiasi yang cukup signifakan dalam perekonomian makro.
Namun berbeda dengan sektor riil. Sektor mikro ini tidak mengalami dampak yang signifikan dalam melanjutkan usahanya. Karena sekto riil ini umumnya menggunakan underlying assets yang nyata dan dapat diukur nilainya. Berbeda dengan sektor pasar dimana mereka tidak memiliki underlying assets sehingga ketika terjadi depresiasi, mereka tidak mempunyai agunan yang memadai untuk menutupi kerugian yang muncul.
Oleh karena itu, BMT yang segmen pasarnya adalah para pelaku sektor riil diharapkan mampu untuk terus memberikan dukungan bagi tumbuh dan berkembangnya sektor riil di Indonesia. Dan juga mampu untuk menggantikan posisi perbankan yang saat ini sedang berkonsentrasi untuk menjaga likuiditasnya sehingga mengeluarkan kebijakan yang terlalu ketat dalam penyaluran kredit.
Oleh karena itu, untuk memperdalam wawasan mahasiswa mengenai lembaga keuangan syari’ah; Baitul Maal wat Tamwil ini mahasiswa diharapkan mampu untuk berpartisipasi aktif dalam memperjuangkan eksistensi lembaga keuangan syari’ah yang lebih baik dari pada lembaga keuangan konvensional.

TUJUAN
Tujuan dilakukannya company visit oleh Program Studi Muamalat Fakultas Syari’ah dan Hukum UIN Syarif Hidayatullah adalah:
1. Agar mahasiswa mampu untuk membandingkan antara teori yang telah dipelajari dengan keadaan praktis yang sebenarnya.
2. Mahasiswa juga diharapkan mampu untuk aware terhadap perkembangan industri keuangan syari’ah yang sedang mengalami kemajuan yang sangat pesat.
3. Mahasiswa juga diharapkan mampu untuk menggunakan fasilitas yang disediakan oleh fakultas ini dengan sebaik-baiknya.

MANFAAT
Manfaat mengikuti company visit ini adalah:
1. Menemukan sesuatu yang tidak ada dalam materi perkuliahan yang diterima oleh mahasiswa.
2. Dapat membuka wawasan mengenai perkembangan industri keuangan syari’ah khususnya perkembangan BMT di Indonesia.
3. Dapat memberikan kerja sama lanjutan jika memang dirasa perlu dan mampu.

BAB II
GAMBARAN UMUM LEMBAGA
PT. Permodalan BMT Ventura merupakan Lembaga Keuangan Bukan Bank ( LKBB) yang dikelola dengan prinsip dan tata kelola syari’ah. Sebagai salah satu portofolio investasi di sektor riil, BMT ini menyediakan jasa keuangan (financial services) bagi pengusaha mikro dan kecil yang disalurkan melalui jaringan Baitul Maal wat Tamwil (BMT). Produk lainnya adalah technical assistance, research and inovation dan networking.
Manajemen

SEJARAH LEMBAGA
BMT sebagai gerakan swadaya masyarakat sejak tahun 1992 merupakan respon terhadap kemiskinan dan pengangguran serta kurangnya permodalan dan pendampingan kepada pengusaha mikro dan kecil yang jumlahnya sangat besar dan merupakan unit usaha mayoritas yang sangat potensial di negeri ini. Oleeh karenanya, menjaga kesehatan sebuah BMT menjadi sangat penting untuk menjamin dana investor berada di tempat yang tepat. Dan untuk itu, permodalan BMT ventura berkerja sama dengan BMT Center melakukan penguatan BMT sekaligus meminimalisir resiko pembiayaan yang dilakukan.
BMT Ventura berdiri sejak sepuluh tahun yang lalu (1998) yang dibangun atas gagasan 137 (seratus tiga puluh tujuh) BMT dengan sistem modal ventura (venture capital). BMT Ventura didirikan untuk memperkuat BMT yang tergabung didalamnya agar mampu melewati krisis ekonomi yang terjadi pada saat itu. Setelah sepuluh tahun berjalan dengan legalitas ‘seadanya’ dari pemerintah. Kemudian BMT Ventura turut ikut serta dalam keputusan-keputusan yang dikeluarkan oleh BMT Center.
BMT Center dalam hal ini mempunyai fungsi yang sama dengan ASBISINDO bagi perbankan. BMT Center mempunyai kewenangan untuk mengeluarkan keputusan yang mengikat bagi BMT yang tergabung dalam BMT Ventura ataupun BMT lain yang mengikatkan diri dalam BMT Center. Keputusan (atau dapat disebut juga peraturan) tersebut mencakup kegiatan operasional penunjang bagi BMT agar dapat berjalan dengan baik.
BMT Ventura merupakan holding atau wholesale fund yang menaungi 137 BMT tersebut dengan total aset yang dimiliki oleh BMT Ventura diperkirakan sebesar 1,2 Triliun Rupiah dengan jumlah nasabah beneficiaries sebanyak 500.00 orang lebih dari rata-rata portofolio sebesar 2,3 juta rupiah pernasabah.

PRINSIP USAHA
Sesuai dengan yang telah dikemukakan diatas, bahwa BMT Center ini selalu berdasarkan atas prinsip syari’ah. Mekanismenya adalah,

Alur 1 (satu) hingga 3 (tiga) adalah alur modal dimana investor yang akan menaruh dananya mendatangi BMT Ventura untuk kemudian BMT Ventura akan menyalurkan modal tersebut kepada BMT tertunjuk yang tergabung dalam Permodalan BMT Ventura. Dari modal yang telah ditaruh pada BMT, kemudian BMT akan menyalurkan usahanya kepada sektor UMK (Usaha Mikro dan Kecil). Dalam hal permintaan pembiayaan oleh UMK, UMK tidak diperkenankan untuk mengajukan permintaan kepada BMT Ventura. Karena dalam hal ini, BMT Ventura hanya berperan sebagai holding bagi BMT yang tergabung didalamnya. BMT-lah yang berperan sebagai penyalur modal (dana) yang diperoleh oleh BMT Ventura.
Alur 4 (empat) hingga 6 (enam) adalah alur bagi hasil. Bagi hasil yang didapatkan oleh BMT dari UMK kemudian disetorkan kepada BMT Ventura. Dan kemudian BMT Ventura akan memberikan bagi hasil untuk investornya.

BAB III
TEMUAN
BMT ini didirikan atas dasar inisiatif untuk memperkuat modal dalam rangka menjaga stabilitas dan eksistensi usaha BMT yang telah dilakukan oleh BMT-BMT yang tergabung didalamnya.
BMT ini juga mempunyai sistem yang berbentuk holding dengan mengikatkan diri kepada BMT Center sebagai badan pengawas dan juga otoritas semu yang membantu BMT Ventura dalam mengoperasikan kegiatan usahanya.
BMT Center tersebut mengeluarkan peraturan yang bersifat mengikat bagi seluruh BMT yang tergabung didalam BMT Ventura tersebut.

ANALISIS
BMT merupakan suatu lembaga keuangan bukan bank bukan koperasi yang dari awal berdirinya belum ditopang oleh regulasi yang matang. Oleh karena itu, muncullah BMT Center yang mendukung regulasi aga BMT tetap berjalan dalam korodor yang baik, yang tidak merugikan pihak-pihak terkait baik investor, holding, BMT, maupun UMK.
Ketakutan yang muncul ketika saya mengetahui bahwa BMT Center juga mengeluarkan peraturan untuk landasan operasionalnya bagi BMT-BMT yang terikat dalam BMT Ventura adalah bahwa hasil keputusan tersebut tidak bersinergi dengan keputusan resmi yang dikeluarkan oleh pemerintah.

BAB IV
SARAN DAN IDE
Saran dan ide saya kepada pihak Fakultas Syari’ah dan Hukum adalah:
Memperluas kembali jaringan terhadap lembaga keuangan syari’ah maupun konvensional agar mahasiswa merasakan manfaat yang dapat menunjang pembelajaran kami dikelas.
Untuk mewajibkan kembali sistem magang agar mahasiswa dapat mempersiapkan diri dalam menghadapi dunia praktisi dimana teori yang diajarkan dikelas belum tentu sama dengan proses yang dipelajari.

3 thoughts on “Company Visit Report; PT. Permodalan BMT Ventura

  1. hehehe, berguna sih bergunaa…
    asal jangan di copy-paste tanpa footnote aje…
    iyaaa, aku UIN juga.. baru lulus.. :p
    kamu UIN juga??

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s