Bentuk Kebijakan yang Ramah terhadap Rakyat

Berbagai macam peristiwa yang dialami oleh warga negara dalam hal mempertahankan hak nya seringkali menimbulkan keidakadilan bagi masyarakat. Rentetan peristiwa yang menimbulkan banyak kerugian, kehilangan dan rasa tidak puas akan apa yang dialami oleh masyarakat merupakan bukti nyata akan ketidakmampuan pemerintah dalam menjalani kepemerintahannya. Ketidakmampuan tersebut tercermin dalam sikap represif dan tidak komunikatif-nya aparat pemerintahan dalam upaya menjalankan tugasnya. Sikap represif ini tentunya bukan hanya kesalahan dari aparatur level bawah yang bersinggungan langsung dengan masyarakat. Akan tetapi juga perupakan kesalahan dari pembuat kebijakan yang tidak kooperatif terhadap rakyat.

Apapun bentuknya, pemerintah tidak berhak untuk menyiksa atau melakukan tindakan kekerasan pada rakyatnya dan juga dengan alasan apapun baik itu menyangkut Agama, gender, ras, suku, adat istiadat, ekonomi, bahkan perlakuan terhadap tersangka sekalipun. Kebijakan-kebijakan yang dibuat seharusnya merupakan kebijakan yang ramah bagi masyarakat dengan mengedepankan Hak Asasi Manusia. Dengan demikian, Indonesia tidak lagi menderita karena dijajah oleh bangsanya sendiri.

Pemerintahan dibentuk dengan tujuan agar warga negaranya dapat hidup dengan damai dan harmonis. Untuk tujuan itu pula pemerintah seharusnya dapat merumuskan kebijakan-kebijakan yang tidak berpihak pada satu sisi dengan cara tidak memasukkan politik kepentingan terkecuali satu kepentingan yang hakiki, adalah kepentingan untuk memajukan bangsa ini menjadi bangsa yang lebih bermartabat secara universal. Melindungi warga negaranya merupakan tugas utama yang harus dilakukan oleh suatu kepemerintahan. Akan tetapi bukan dengan cara meng-eliminir sebagian warga negaranya untuk menyelamatkan warga negara yang lainnya.

(Tulisan ini dibuat untuk dijadikan surat terbuka kepada Presiden melalui Kamisan dari JSKK [Jaringan Solidaritas Korban untuk Keadilan])

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s