Peranan ICT Dalam Perkembangan Perbankan Syari’ah Di Indonesia

Teknologi bagi perbankan merupakan hal yang sangat penting bagi operasional dan mutu pelayanan perbankan. Tanpa adanya sistem informasi dan komunikasi yang handal dan up to date perusahaan akan sulit mencapai targetnya.

Kurangnya optimalisasi dari penggunaan ICT dapat dilihat dari maraknya pemalsuan kartu kredit, penipuan-penipuan melalui ATM. Hal ini dapat berakibat pada resiko hukum jika nasabah mengajukan tunutan kepada bank dan reputasi yang dimiliki oleh perusahaan penerbit kartu kredit.

Kesalahan dalam memilih teknologi ICT yang digunakan pun dapat memicu kerugian pada perusahaan. Seperti contoh buruknya sistem komunikasi, sistem operasional, delivery network, serta kapasitas dan kapabilitas yang kurang memadai tidak dapat menambah nilai pemegang saham. Perusahaan harus berpikir, teknologi apa yang cocok untuk digunakan dalam operasionalnya, teknologi yang tidak cepat usang, dan yang mendukung perkembangan bisnisnya.

Mengenai regulasi, Bank Indonesia pun telah mengeluarkan peraturan mengenai IT Risk Governance yang tertuang dalam Peraturan Bank Indonesia (PBI). Tentunya penerapan peraturan IT Risk Governance ini tidak dapat terlaksana dengan baik tanpa adanya rencana dan sumber daya yang matang. Meningkatkan kesadaran akan pentingnya majanemen pun sangat penting dalam pengembangan bisnis menuju perbankan yang lebih maju.

Leave a comment